Informasi

Belum Diangkat Dalam Jabatan Fungsional Tertentu, Tidak Bisa Naik Pangkat

By  |  0 Comments

baju korpriiBagi PNS yang melamar dengan formasi jabatan fungsional tertentu, namun belum diangkat dalam jabatan fungsional tertentu tersebut, tidak dapat diberikan kenaikan pangkatnya (kenaikan pangkat reguler).

Pernyataan diatas, merupakan point penting dari surat Kepala Kantor Regional XII BKN Pekanbaru No. 02323/I/KR.XII/04-2015 tanggal 14 April 2015 perihal Kenaikan Pangkat Reguler bagi PNS yang Melamar dengan Formasi Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) tetapi Belum Diangkat dalam JFT yang bersangkutan. Klik disini untuk membaca surat dimaksud.

Surat Kepala Kantor Regional BKN XII ini, menegaskan bahwa setiap CPNS yang diangkat oleh Kabupaten/Kota/Instansi dari formasi JFT, wajib diangkat dalam JFT tersebut. Pengangkatan CPNS adalah untuk mengisi formasi yang lowong, sehingga CPNS yang diangkat dalam suatu formasi JFT, setelah PNS (100%) sejogyanya harus diangkat dalam JFT tersebut.  Jika tidak demikian, tentu tujuan pengadaan CPNS untuk mengisi formasi yang lowong tidak akan pernah terwujud.

Namun demikian, terhadap PNS yang melamar dengan JFT tapi belum diangkat dalam JFT masih dapat dipertimbangkan untuk satu kali kenaikan pangkatnya dengan ketentuan:

  1. Tetap melaksanakan tugas pada unit kerja yang tugas dan fungsinya sesuai dengan formasi JFT yang bersangkutan;
  2. Belum mengikuti diklat fungsional yang dipersyarat karena bukan kesalahan PNS Ybs, yang dibuktikan dengan surat keterangan/pernyataan dari pejabat yang berwenang pada instansinya.

Agar tidak ada PNS yang dirugikan, disampaikan kepada PNS maupun mengelola kepegawaian masing-masing unit kerja/SKPD untuk mengusulkan pengangkatan dalam jabatan fungsional bagi PNS yang melamar dengan formasi JFT ke BKD Kabupaten Agam dengan mempedomani ketentuan pengangkatan/Permenpan dan RB masing-masing JFT dimaksud dan Buku Petunjuk Praktis Layanan Administrasi Kepegawaian hal 21.

Adapun jabatan yang tergolong dalam jabatan fungsional tertentu dapat di klik disini. Semoga bermanfaat.