Informasi

Bupati Agam Serahkan Uang Duka Tewas kepada Ahliwaris Johanasrul dan Meta Resodina

By  |  0 Comments

Jum’at 21 Agustus 2015, Bupati Agam Indra Catri Datuak Malako Nan Putiah dalam rangkaian Acara Wirid Korpri di Mesjid Agung Nurul Falah menyerahkan uang duka tewas kepada ahliwaris dari PNS Johanasrul Pengemudi pada Kantor Arsip dan Perpustakaan dan ahliwaris dari PNS Meta Resodina Staf TU SMPN 4 Baso. Kepada ahliwaris Johanasrul diberikan uang duka tewas sebesar Rp. 15.148.800 dan ahliwaris Meta Resodina sebesar Rp. 23.277.000. Kedua PNS di atas dinyatakan tewas karena yang bersangkutan meninggal dunia dalam menjalankan tugasnya, dan pemberian uang duka ini dilaksanakan setelah sebelumnya mendapat persetujuan dari Kepala Badan Kepegawaian Negara. Pemberian uang duka tewas ditetapkan dengan Keputusan Bupati Agam.

PNS yang dinyatakan tewas, disamping diberikan uang duka tewas sebesar 6 kali pengahasilan per bulan, juga diberikan kenaikan pangkat  anumerta setingkat lebih tinggi, yang berlaku terhitung mulai tanggal yang bersangkutan tewas.

Tewas, ialah meninggal dunia dalam dan karena menjalankan tugas kewajibannya; meninggal dunia dalam keadaan lain yang ada hubungannya dengan dinasnya sehingga kematian itu disamakan dengan meninggal dunia dalam dan/atau karena menjalankan kewajibannya; meninggal dunia yang langsung diakibatkan karena luka‑luka maupun cacat rohani atau jasmani yang didapat dalam hal‑hal tersebut pada huruf a dan b di atas; dan meninggal dunia karena perbuatan anasir‑anasir yang tidak bertanggung jawab ataupun sebagai akibat dari tindakan terhadap anasir‑anasir itu.