Berita

Sosialisasi dan Pelatihan e-PUPNS bagi Pengelola Kepegawaian

By  |  0 Comments

Untuk mensukseskan pelaksanaan e-PUPNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Agam, BKD Kabupaten Agam menyelenggarakan Sosialisasi dan Pelatihan e-PUPNS bagi Pengelola Kepegawaian SKPD dan Unit Kerja. Acara sosialisasi yang telah berlangsung dari kemarin dan akan berakhir hari Jum’at ini, terbagi dalam 4 kategori, yakni:

  1. Hari Selasa sosialisasi bagi Sekretaris/Kabag TU bersama Kasubag Umum Kepegawaian SKPD dan KTU Puskesmas.
  2. Hari Rabu Sosialisasi bagi Kepala SMA, SMK, SMP, dan Kepala UPT Pendidikan bersama Kasubag TU.
  3. Besok hari Kamis, pelatihan bagi verifikator SKPD dan Puskesmas.
  4. Sedangkan Jum’at pelatihan bagi verifikator  SMA, SMK, SMP, dan Kepala UPT Pendidikan.

e-PUPNS merupakan pendataan ulang PNS secara elektronik yang wajib diikuti oleh semua PNS. Sanksinya sangat tegas, PNS yang tidak mengikuti e-PUPNS terancam dikeluarkan dari database PNS Nasional, yang berarti ketika tidak mengikuti e-PUPNS maka urusan kepegawaiannya tidak akan dilayani dan dinyatakan berhenti/pensiun.

Kepala BKD Kabupaten Agam yang menjadi narasumber dalam sosialisasi ini, menghimbau kepada semua pengelola kepegawaian SKPD dan Unit Kerja untuk memastikan dan memandu PNS di lingkungannya mengikuti e-PUPNS. Ini menyangkut nasib PNS, jadi kita harus serius mengawalnya, imbuhnya.

e-PUPNS secara nasional termasuk di Pemkab. Agam akan dimulai 1 September s.d 31 Desember 2015. Semua PNS sudah harus mendaftar dan mengisi formulir e-PUPNS sampai 30 November 2015, dan akan diverifikasi oleh verifikator SKPD, BKD, BKN Regional, dan BKN Pusat sampai 31 Desember 2015.

Untuk kelancaran pendaftaran dan pengisian formulir e-PUPNS, diharapkan PNS benar-benar serius dalam melaksanakannya. Untuk memandu pendaftaran dan pengisian formulir baca buku petunjuk bagi PNS dengan meng-kliknya disini.

Satu hal yang perlu dingat, bahwa data yang sudah dikirim oleh PNS ke verikator SKPD, akan diperiksa dan kemudian dilanjutkan ke verifikator BKD. Ketika telah masuk ke inbox verifikator BKD, maka data tidak bisa lagi ubah oleh PNS. Karena itu, dihimbau kepada semua PNS untuk memastikan datanya telah benar, baru dikirim ke verifikator SKPD.

Semoga bermanfaat.