e-PUPNS

e-PUPNS telah Dimulai per 1 September 2015

By  |  0 Comments

indra catriMulai pukul 00.00 WIB 1 September 2015 kemarin, secara nasional Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil secara Elektronik (e-PUPNS) tahun 2015 dimulai. Sebagaimana diamanatkan dalam Perka BKN no. 19 Tahun 2015 tentang Pedoman Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil secara Elektronik Tahun 2015, bahwa semua PNS diwajibkan untuk mengikuti pendataan ulang ini. PNS diwajibkan mendaftar dan mengisi formulir paling lambat 30 November 2015.

PNS diharapkan tidak menunggu, namun segera mengikutinya.  Hal ini dikarenakan apa yang diisi oleh PNS, akan diverifikasi dalam 4 tahapan, yakni oleh verifikator SKPD, BKD, BKN Reg, dan BKN Pusat.

PNS yang tidak mengikuti e-PUPNS berhadapan dengan sanksi yang cukup berat yakni dikeluarkan dari database PNS secara nasional yang akan berakibat PNS tidak akan mendapatkan layanan kepegawaian dan dinyatakan berhenti sebagai PNS.

Dalam pendataan ulang kali ini, masing-masing PNS mendaftar dan melakukan mengisian formulir pupns secara online melalui portal e-PUPNS dengan alamat http://pupns.bkn.go.id. PNS masuk ke portal ini dengan mengetikan NIP, alamat email, kata kunci, dan menjawab pertanyaan pengaman maka PNS akan mendapatkan bukti registrasi. Setelah verifikator menerima pendaftaran, maka PNS dapat melanjutkannya dengan mengisi formulir PUPNS yang juga dilakukan secara online melalui portal tersebut.. Selengkapnya bagaimana cara PNS mengikuti PUPNS dapat diklik disini Buku Petunjuk PUPNS tahun 2015.

Dalam pengisian PUPNS, masing-masing PNS diwajibkan untuk melampirkan dokumen pendukung yang berguna sebagai bahan bagi verifikator SKPD, BKD, dan BKN Reg, dan BKN Pusat  dalam melakukan verifikasi isian masing-masing PNS.

Dalam kesempatan ini, Bupati Agam menghimbau semua PNS untuk bahu membahu, saling bantu dan saling mengingatkan dalam mengikuti e-PUPNS ini. Sehingga tidak ada PNS yang kesulitan dan luput dari pendataan ulang.