Informasi

Catatan Penting e-PUPNS 2015

By  |  0 Comments

perhatianPendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil secara Elektronik (e-PUPNS) tahun 2015 telah berjalan selama 9 hari. Cukup banyak kendala yang ditemui. Kendala yang sangat dirasakan oleh PNS adalah jaringan/aplikasi yang sangat lambat.

Dari pengalaman selama 9 hari ini, terdapat beberapa hal yang perlu digaris bawahi, agar e-PUPNS efektif dan sukses:

Bagi PNS, sebagai berikut:

  1. Agar semua PNS melakukan perbaikan terhadap datanya yang salah dan melengkapi kolom-kolom data yang masih kosong, sehingga semua data terisi lengkap dan benar.
  2. PNS diminta untuk tidak meng-klik tombol kirim, sebelum memastikan semua data yang diisinya telah lengkap dan benar. Ketika tombol kirim telah diklik, data tidak bisa lagi diubah oleh PNS.
  3. Bahwa pengisian tempat lahir terdapat pilihan sampai ke Kecamatan, dan bahkan dapat ditambahkan sampai ke desa (sekiranya dalam SK CPNS/Ijazah tempat lahirnya memang nama desa) melalui heldesk (tanda tanya merah).
  4. Ketika PNS memanfaatkan helpdesk untuk penambahan lokasi atau nama sekolah dll, setelah menyelesaikan proses penambahan, diminta PNS melanjutkan dulu isian untuk data yang lain, sampai operator helpdesk menambahkan apa yang diminta tambahkan PNS tersebut disejutui oleh operator helpdesk.
  5. Karena jaringan sangat lambat, agar PNS jeli memilih waktu yang tepat untuk melakukan pengentrian. Harap dimaklumi bahwa lambatnya jaringan bukan karena layanan internet PNS yang lambat, namun dikarenakan aplikasi PUPNS itu sendiri, dan saat ini BKN tengah berbenah mengatasi masalah ini.

Bagi Verifikakator SKPD, sebagai berikut:

  1. Verifikator hanya menerima registrasi/mengaktifkan pendaftaran PNS yang berada di SKPD/Unit Kerjanya saja.
  2. Dalam melakukan verifikasi (pemeriksaan) data yang telah diisi oleh PNS, ketika ditemukan isiannya salah, agar dikembalikan lagi ke PNS dengan jalan [turun status], dan meminta PNS untuk merefisinya lagi. Dalam arti tidak ada tanda [X] lagi dari hasil pemeriksaan, baru dilanjutkan/dikirimkan ke inbox verifikator BKD. Hal ini dikarenakan BKD tidak bisa mengedit data tersebut, dan aplikasi juga tidak bisa mengembalikan data isian ke PNS.

Dihimbau kepada semua PNS, sekiranya ada permasalahan agar mengkomunikasikannya dengan verifikator SKPD/unit kerja masing-masing atau bertanya melalui dinding group facebook Informasi Kepegawaian BKD Kabupaten Agam.