Berita

Sudah Benarkah SK Konversi NIP Anda?

By  |  0 Comments

Dengan dihapus/digabungnya beberapa instansi pemerintah dan dialihkannya sebagian PNS Pusat yang ada di daerah menjadi PNS Daerah serta diperluasnya otonomi daerah sampai dengan kabupaten/kota, maka Nomor Induk PNS (NIP) tidak sesuai lagi dengan perkembangan keadaan. Untuk kelancaran pembinaan PNS, BKN menetapkan kembali Nomor Identitas Pegawai Negeri Sipil (NIP) yang kita kenal dengan Konversi Nomor Identitas Pegawaian Negeri Sipil (NIP baru) yang terdiri dari 18 digit.

Konversi NIP ditetapkan secara kolektif oleh Kepala BKN, dan petikannya keputusan/keputusan penetapan NIP diberikan kepada setiap Pegawai Negeri Sipil.

NIP adalah nomor yang diberikan kepada PNS sebagai identitas yang memuat tahun, bulan, dan tanggal lahir, tahun dan bulan pengangkatan pertama sebagai CPNS, jenis kelamin PNS dan nomor urut. Adapun sumber data yang digunakan dalam konversi NIP ini adalah Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil bulan Juli 2003. Kesalahan dalam pengisian form oleh PNS atau kesalahan pengentrian ke sistem oleh operator dapat berakibat pada kesalahan pada SK Konversi NIP. Kesalahan NIP dapat berupa kesalahan penulisan nama (salah huruf atau spasi), kesalahan tanggal lahir, TMT CPNS, atau jenis kelamin.

Kesalahan SK Konversi NIP, akan berdampak pada kesalahan KPE, kesalahan SK Kenaikan Pangkat, bahkan dapat menghambat proses pengurusan urusan kepegawaian lainnya.

Untuk itu periksa lagi SK Konversi NIP anda. Untuk memudahkan pemeriksanaan dapat dipedomani makna dari 18 Digit NIP baru tersebut, yakni:

  1. 8 (delapan) digit pertama adalah angka pengenal yang menunjukkan tahun, bulan, dan tanggal lahir CPNS/PNS yang bersangkutan, dengan ketentuan untuk bulan dan tanggal lahir masing-masing dua digit.
  2. 6 (enam) digit berikutnya adalah angka pengenal yang menunjukkan tahun dan bulan pengangkatan pertama sebagai Calon Pegawai Negeri Sipi/Pegawai Negeri Sipil, dengan ketentuan untuk bulan pengangkatan pertama dua digit.
  3. 1 (satu) digit berikutnya adalah angka pengenal yang menunjukkan jenis kelamin CPNS/PNS yang bersangkutan. 1 berarti laki-laki, 2 berarti perempuan.
  4. 3 (tiga) digit terakhir adalah angka pengenal yang menunjukkan nomor urut CPNS/Pegawai Negeri Sipil. Penentuan nomor urut didasarkan tahun, bulan, dan tanggal lahir, tahun dan bulan pengangkatan pertama sebagai CPNS/PNS, & jenis kelamin yang sama.

Jika terjadi kesalahan NIP anda, segera laporkan kepada pengelola kepegawaian unit kerja masing-masing untuk diteruskan prosesnya ke BKD.